Minggu, 16 Agustus 2009

Palu Ajaib

Di Inggris, pada zaman dahulu kala, hiduplah seorang pria kaya yang memiliki kapal uap yang indah, tapi seperti jamaknya benda-benda mahal, kapal uap itu ditakdirkan untuk dirusak. Biasanya, teknisi kapal bisa memperbaikinya, tapi suatu hari, setelah perjalanan yang amat berat, mesinnya mati, dan tidak ada yang bisa menyalakannya lagi.

Satu demi satu, semua montir dan ahli mesin di negeri itu dipanggil untuk memperbaiki mesin kapal, dan satu demi satu gagal melakukannya. Akhirnya, si pria kaya mendengar kabar tentang seorang pembuat kapal tua bijaksana yang mungkin dapat membantu, tapi dengan harga mahal. Pria kaya itu langsung menyetujuinya.

Tak lama kemudian tibalah seorang pria tua yang dari penampilannya terlihat seolah-olah sudah memperbaiki kapal selama ratusan tahun. Dia membawa tas besar berisi peralatan, dan langsung mulai bekerja. Dia memeriksa jaringan luas pipa yang mengarah ke dan dari mesin dengan sangat teliti, sesekali dia meletakkan tangan di atas pipa untuk mengisi kehangatannya.

Akhirnya, pria tua itu meraih ke dalam tasnya dan mengeluarkan sebuah palu kecil. Dengan lembut dia mengetuk salah satu pipa. Seketika itu juga, suara uap yang mengalir pipa dapat terdengar dan mesin kapal pun menyala sementara pria tua itu dengan hati-hati menyimpan kembali palunya.

Ketika si pria kaya bertanya berapa yang harus dia bayar kepada si pembuat kapal, tagihannya mencapai 10 ribu pound.

“Apa?!” pemilik kapal berseru. “Kau nyaris tidak melakukan apapun. Jelaskan tagihanmu atau kujebloskan kau ke penjara.”

Pria tua itu mulai menuliskan sesuatu pada selembara kertas kumal yang dia ambil dari sakunya. Si pria kaya tersenyum saat membacanya dan meminta maaf kepada pembuat kapal atas sikap kasarnya. Ini tulisan yang tertera di kertas:

Untuk mengetuk dengan palu 1 pound
Untuk mengetahui di mana harus mengetuk 9.999 pound

***
Orang menginginkan apa yang mereka inginkan untuk beragam alasan. Sebagian orang ingin punya uang karena menurut mereka uang akan memberi mereka “keamanan”, yang lain menginginkannya karena menurut mereka uang akan membeli “kebebasan” mereka. Yang lain ingin merasakan “kekuatan” atau “prestasi” atau “kesuksesan”.

Setiap kata ini mewakili nilai tertinggi anda—hal-hal penting bagi anda dan memberi makna serta kekayaan dalam hidup anda.

Jika yang anda lakukan hanya mengejar tujuan tanpa memenuhi nilai-nilai anda, kesuksesan anda akan kosong dan hidup anda kemungkinan akan terasa berlubang dan kosong di dalam. Anda mungkin bisa punya uang, tapi anda jelas tidak akan kaya.

2 komentar:

Lutuna Express mengatakan...

Jika di Inggris ketukan palu ajaib itu bisa mencapai 10 ribu pound, tapi di negara kita ini ketukan palu hakim bisa lebih dari 10 ribu pound bung Iqbal.Betapa tidak, karena realitasnya hukum kita bisa diperjualbelikan. Akhirnya yang lurus bisa bengkokkan dan yang bengkok bisa diluruskan atau bisa lebih dibengkokkan lagi sampai patah.Ha ha ha (mari kita sama sama ngakak kayak mbah Surip)

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum wrb, saya mohon maaf kalau postingan saya menyinggung perasaan anda semua tapi saya lillahi ta’ala hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya saya berharap ada yang sama seperti saya.perkenalkan terlebih dahulu saya aini andari tinggal di Padang,dulu saya penjual kue keliling himpitan ekonomi yang membuat saya seperti ini,saya tidak menyerah dengan keadaan saya tetap usaha,pada suatu malam saya buka internet tidak sengaja saya lihat postingan seseorang yang sama seperti saya tapi sudah berhasil,dia dibantu oleh mbah bedjo tampa pikir panjang saya hubungi beliau saya dikasi pencerahaan dan dikasi solusi,awalnya saya tidak mau tapi sya beranikan diri mengikuti saran beliau,alhamdulillah berjalan lancar sekarang saya punya toko bangunan Jaya Abadi didaerah Padang,terimah kasih saya ucapkan pada mbah bedjo berkat beliau saya seprti ini,mungkin banyak orang yang menyebut saya mengada-ada tapi saya buktikan sendiri,khusus yang serius mau bantuan silahkan hub beliau mbah bedjo beliau orangnya baik ini nomor beliau 082316139285 atau ini pengalaman pribadi saya percaya atau tidak semua tergantung pembaca demi Allah ini nyata sekian dan terima kasih ,Assalamualaikum Wrb....allahuakbar....allahuakbar....allahuakbar